Tag


LCDMikrobitsMengetahui kondisi jaringan atau perangkat dalam jaringan merupakan hal yang sangat penting, sehingga akan dengan mudah diketahui jika terjadi permasalahan. Menampilkan kondisi jaringan dari sisi Router secara Real Time pada LCD Display akan memudahkan admin dalam melakukan monitoring.

LCD Display, mungkin tidak akan berpengaruh banyak terhadap konfigurasi atau running-nya sebuah jaringan. Tetapi komponen ini juga tidak bisa dipandang sebelah mata, dimana dengan tambahan LCD Display, admin tidak perlu repot LogIn ke dalam system Router untuk dapat mengetahui kondisi jaringan atau kondisi perangkat itu sendiri.
LCD Display Router x86
Untuk dapat menampilkan informasi jaringan pada Router x86 pilihan nya adalah menambahkan komponen LCD Display sendiri atau dengan menggunakan hardware yang sudah terpasang LCD Display.

Setting
Pada implementasi display ini, perlu dilakukan setting agar LCD dapat menampilkan informasi jaringan sesuai kebutuhan. Pastikan pada Router x86 anda sudah terdapat package lcd.npk

Lakukan pengaktifan LCD dan definisikan model hardware LCD yang digunakan.

Sampai langkah ini, biasanya LCD baru menyala saja, belum menampilkan informasi apapun. Untuk informasi apa saja yang akan ditampilkan, perlu disetting Enable. Bisa juga ditentukan berapa lama informasi tersebut akan ditampilkan.

Komponen LCD Display yang digunakan harus sudah disupport oleh Mikrotik RouterOS. Daftar lengkap nya di sini.


LCD Display RouterBoard

Dalam perkembangannya, LCD Display yang digunakan tidak hanya sebagai media untuk menampilkan informasi jaringan saja, akan tetapi juga bisa langsung digunakan untuk melakukan konfigurasi sederhana.
Seperti pada produk-produk Router Indoor Mikrotik terbaru antara lain CloudCoreRouter Series, RB2011 Series dan produk switch CloudRouterSwitch Series, yang di dalamnya sudah disematkan sebuah LCD Display dengan teknologi layar sentuh.

Setting

Sedikit berbeda dengan LCD Display pada X86, pada RouterBoard secara otomatis LCD sudah berfungsi. Pada saat awal LCD akan menampilkan proses Booting serta menunjukkan pengaturan default Router. Selanjutnya LCD akan menampilkan menu dan informasi yang kita pilih.

Misalnya, jika memilih menu Stat Slide Show, LCD akan menampilkan informasi status interface. Bisa juga kita memilih Informative Slide Show agar LCD menampilkan System, Resource, Health dan sebagainya.
Selain menampilkan informasi perangkat, dengan teknologi touchscreen admin juga bisa melakukan konfigurasi menggunakan layar LCD. Misalnya menambahkan IP Address pada sebuah interface.

Karena sifatnya terbuka, artinya layar ini bisa disentuh oleh siapa saja, maka terdapat metode keamanan berupa PIN yang harus dimasukkan setiap kali akan mengubah konfigurasi.


Setting LCD via Winbox

Pengaturan LCD Display RouterBoard, misalnya pengubahan PIN, informasi yang ditampilkan, dan sebagainya juga dapat diatur melalui winbox.
Untuk mengaktifkan atau menonaktifkan display, dapat dilakukan dengan mencentang parameter Enabled pada  Winbox.

Pengaturan fungsi lain untuk LCD display juga bisa dilakukan, di antara nya :

  • Backlight-Timeout : Lama waktu backlight LCD menyala, dihitung dari aktifitas terakhir. Jika time habis, maka LCD akan mati  dan akan menyala secara otomatis jika disentuh.
  • Read Only Mode : Jika diaktifkan LCD tidak dapat digunakan untuk input konfigurasi, hanya bisa digunakan untuk melihat (read-only) status perangkat
  • Default Screen : Pengaturan tampilan layar standard pada saat menyala
  • Time Interval : Jangka waktu standard ketika statistik interface ditampilkan
  • Recalibrate : Melakukan kalibrasi ulang layar sentuh.
Pengaturan Informasi apa saja yang akan ditampilan LCD pada kondisi Informative Slide Show dapat diaktifkan/dinonaktifkan pada menu LCD -> Screens

Secara default, PIN yang harus dimasukkan pada saat pengubahan konfigurasi menggunakan LCD adalah 1234. Demi keamanan bisa diubah melalui winbox pada menu LCD -> PIN

Dengan adanya LCD Touchscreen pada RouterBoard dapat memberikan kemudahan dalam monitoring dan konfigurasi sederhana, sehingga tidak perlu harus masuk pada System RouterBoard.