paris-terror-attack1.jpg1Pendiri sekaligus CEO Facebook, Mark Zuckerberg turut mengungkapkan belasungkawa terhadap serangan bom di Paris, Perancis yang menelan lebih dari 150 korban jiwa. Dia pun menyodorkan fitur untuk mengetahui korban yang lolos dari peristiwa maut tersebut.

“Saya ikut berduka cita untuk semua orang di Paris malam ini. Tindak kekerasan seperti ini tidak seharusnya terjadi di manapun,” tulis Zuckerberg di laman Facebooknya beberapa jam lalu.

Ia lalu mengumumkan, timnya telah mengaktifkan fitur Safety Check yang mampu memberi tanda bagi pengguna apabila mereka berada di lokasi bom Paris.

“Jika Anda di Paris, Anda bisa mengkliknya sebagai penanda kalian dalam keadaan selamat atau untuk melacak teman dan keluarga,” lanjut Zuckerberg.

Ribuan pengguna Facebook berkomentar di dalam publikasi Zuckerberg, mengucapkan terima kasih.

“Halo, saya orang Perancis dan tinggal di Paris. Terima kasih atas Safety Check-mu, fitur ini sungguh ide yang bagus,” ujar salah satu pengguna Facebook.

Pengguna lainnya juga memuji fitur Safety Check yang berguna untuk melacak teman dan keluarga mereka.

Safety Check dari Facebook bisa diakses melalui tautan ini.

Safety Check dari Facebook memang dirancang untuk para pengguna yang tinggal di area bencana, sehingga fitur ini dapat membantu orang-orang terdekat agar mengetahui soal kondisi teman dan keluarga mereka.

Zuckerberg sendiri mengumumkan Safety Check pertama kali pada 25 April lalu saat bencana gempa bumi Nepal.

Presiden Perancis Francois Hollande menyatakan telah mengerahkan pihak militer untuk membantu polisi dalam melakukan operasi pengamanan. Dari BFMNTV dikatakan bahwa unit militer langsung menyerbu Bataclan, di mana 100 lebih orang disandera.

Jumlah korban dipastikan akan terus bertambah, Wakil Walikota Paris Patrick Klugman mengatakan bahwa korban tewas akan meningkat signifikan. “Kami menghadapi situasi yang tak pernah terjadi di sebelumnya di Paris.”

Sementara itu, 19 orang lainnya tewas di Rue de Charonne di Distrik 11, di luar bar bernama La Belle Equipe. Empat orang lainnya tewas di Avenue de la Republique, di Distrik 10.