Tag

,


0,,17667797_303,00Kepolisian California menilang mobil tanpa sopir Google yang dianggap berjalan di bawah kecepatan minimum.

“Mengemudi terlalu pelan? Mungkin manusia jarang sekali ditilang karena hal ini,” kata tim mobil Google.

Mobil buatan Google ini berjalan begitu lambat, hanya mencapai 1,6 km/jam sehingga akhirnya ditilang oleh polisi. Kejadian ini menyebar luas setelah momen tersebut dipubikasikan di Google plus

“Mobil ini berjalan pelan untuk alasan keamanan. Kami juga ingin membuat mobil ini terlihat ramah, serta bisa didekati, ketimbang terdengar mengebut tidak karuan dan menakuti warga sekitar,” jelas tim Google.

Mobil tanpa sopir Google sebenarnya sudah berjalan cukup lama, yakni sekitar 1,9 juta kilometer yang diraih dalam beberapa tahap. Ini adalah perjalanan yang sangat panjang, bahkan bisa disetarakan seperti manusia yang mengemudi selama 90 tahun.

Kejadian ditilangnya mobil tanpa sopir juga unik. Pasalnya, untuk pertama kalinya teknologi melakukan sebuah pelanggaran sampai akhirnya ditilang oleh polisi. Kejadian ini pun membuat orang bertanya-tanya, apalagi ketika membayangkan siapa yang menjadi subjek penilangan karena pada dasarnya mobil tersebut tidak dikemudikan seseorang dari dalam.

Sejauh ini, memang belum ada peraturan khusus dari California Department of Motor and Vehicle terkait keberadaan mobil otonom yang berkeliaran di jalan. Tapi pastinya, mobil otonom ini mampu merespons dan menepi ketika dipanggil oleh pihak kepolisian yang menduganya melakukan pelanggaran.

“Saya sangat yakin bahwa mobil tersebut mengerti ketika diberhentikan oleh polisi. Begitu pula dengan mesin yang cara kerjanya berbeda daripada kendaraan pada umumnya,” kata Christopher Espejo, salah seorang netizen yang mengemukakan pendapat terhadap postingan tim mobil Google.