Tag

,


biji kopiDikutip dari Jakarta, CNN Indonesia — Bagi sebagian orang, kopi memang berguna meningkatkan metabolisme mereka agar jadi lebih semangat. Namun sebenarnya kopi tidak cuma enak diminum. Menurut banyak penelitian, kopi juga punya banyak manfaat untuk kecantikan.

Mengutip Prevention, kopi bisa membuat kulit Anda jadi bercahaya dan cerah, memperkuat rambut dan lainnya. Hanya saja ini semua bukan alasan tepat untuk Anda minum kopi berlebihan ya. Minum kopi tetap harus ada batasnya.

1. Mencerahkan wajah
Julia Hunter, seorang dokter kulit holistik di Beverly Hills, California, mengungkapkan bahwa kopi punya kandungan antioksidan dua kali lipat.

“Anda bisa mendapatkan manfaat ini dengan minum kopi. Tapi Anda juga bisa menggunakannya sebagai masker wajah.”

Scrub kopi pada wajah akan membantu mencerahkan kulit, mencegah pori-pori tersumbat dan melembutkan kerutkan. Asam dalam kopi akan membantu mengelupas kulit mati.

2. Memperindah warna rambut
Mungkin Anda pernah mendengar bahwa mencuci rambut dengan teh chamomile atau sampanye bisa mencerahkan warna rambut. Ternyata kopi juga bisa melakukan trik ini.

“Campurkan kopi dengan air sampai menjadi pasta, kemudian oleskan di rambut. Diamkan beberapa saat kemudian bersihkan,” kata Dough Macintosh.

“Keasaman kopi juga akan memperlancar kutikula rambut dan memberikan cahaya ekstra pada rambut.”

3. Membantu menangkal kanker kulit
Menurut studi tahun 2011, kopi bisa membantu Anda untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat matahari. Para peneliti menemukan bahwa kafein dalam kopi yang dioleskan di kulit akan membantu melindungi kulit dari beragam jenis kanker kulit dengan cara menghambat enzim protein dalam kulit.

4. Mengobati mata lelah
Kafein adalah salah satu bahan yang dalam kopi yang berkhasiat untuk mengobati mata lelah dan lingkaran hitam bawah mata.

“Oleskan campuran kopi di bawah area mata, ini akan membantu menghilangkan kelebihan air di bawah kulit dan menyegarkannya,” kata Hunter.