Tag

, , ,


SKU1848871Jakarta, CNN Indonesia — Pengelola situs berbagi video YouTube memberikan fitur baru pada aplikasinya di Android yang memungkinkan pengguna menikmati video realitas virtual (virtual reality/VR) untuk perspektif 360 derajat.

Untuk menikmati konten macam ini, tentu pengguna harus membuka video yang telah mendukung VR dan nanti muncul untuk pilihan menampilkan modus VR. Setelah itu ponsel pintar diletakkan pada kacamata karton khas Google atau populer disebut Cardboard. Dari perpaduan dua perangkat ini pengguna dapat menikmati pengalaman menonton VR.

YouTube merupakan situs berbagi video yang terdepan melakukan pembaruan teknologi. Neil Schneider, direktur eksekutif organisasi perdagangan teknologi VR Immersive Technology Alliance, mecatat YouTube juga cepat mengadopsi video 3D pada 2009 dan pengadopsi awal video definisi tinggi.

“Sekarang ini tidak mengejutkan mereka akan mengambil sudut pandang virtual reality,” kata Schneider.

Ia mengatakan masyarakat akan melihat ledakan konten berkualitas tinggi, tetapi ia mengingatkan bahwa konten VR membutuhkan biaya tinggi untuk memproduksinya.

Saat ini konten VR di aplikasi YouTube hanya dapat dinikmati oleh pengguna Android dan perusahaan menjanjikan fitur itu akan segera menyambangi perangkat iOS.