Tag

,


RB941-2n atau sering disebut sebagai hAP-Lite merupakan sebuah produk keluaran terbaru yang dibandrol dengan harga murah. Untuk review singkat tentang produk ini kita bisa melihat di artikel yang telah lalu disini. Walaupun memiliki harga yang ekonomis, produk ini juga menawarkan fitur yang tidak kalah dengan produk-produk routerboard kelas high-end.
Dengan fitur yang banyak mungkin diantara kita belum mengetahui jika RB941-2n (hAP-Lite) mempunyai sebuah fitur yang disebut WPS.

Apa itu WPS?

WPS merupakan kepanjangan dari Wi-Fi Protected Setup. Dengan fitur ini diaharapkan kepada pengguna perangkat mendapatkan kemudahan untuk menambahkan perangkat ke dalam jaringan nirkabel tanpa perlu melakukan autentikasi menggunkan password. WPS bisa diaktifkan dengan menekan sebuah tombol (bisa real atau virtual) pada Access Point dan perangkat nirkabel pada klien. WPS bekerja pada Access Point yang mempunyai keamanan WPA Personal dan WPA2 Personal.


Nah, untuk produk hAP-Lite (RB941-2n) tombol WPS menjadi satu dengan tombol Reset. Jadi, ketika akan mengaktifkan fitur ini kita tinggal menekan tombol reset.

Langkah-Langkah Konfigurasi WPS pada hAP-Lite

Pertama, kita akan mengatur RB941-2n (hAP-Lite) menjadi sebuah Access Point (AP). Kita setting mode pada wireless dengan ap-bridge, security profile menggunakan WPA/WPA2 personal, dan pilih push button pada parameter wps-mode. Untuk parameter yang lain biasa disesuaikan dengan kebutuhan yang ada.

Langkah selanjutnya, setelah konfigurasi pada sisi router telah dilakukan, kita akan mencoba untuk mengkoneksikan sebuah perangkat smartphone yang berbasis android. Namun, pastikan terlebih dahulu smartphone telah mendukung fitur WPS Button.

Kali ini kita akan menyambungkan ke SSID ‘cobaWPS’. Terlihat pada SSID tersebut terdapat keterangan ‘WPS Tersedia’. Kita tidak perlu melakukan autentikasi dengan memasukkan password login. Cukup dengan menekan icon WPS button pada smartphone.
Kemudian akan tampil seperti gambar berikut.

Apabila terdapat konfirmasi seperti gambar diatas kita tekan (1 kali) tombol WPS/Reset pada RB941-2n (hAP-Lite) atu bisa juga menggunakan tombol WPS Virtual pada RouterOS.

Tombol WPS virtual – ‘WPS Accept’

Dan perangkat smartphone kita telah tersambung ke jaringan ‘cobaWPS’.

Fitur ini bisa diterapkan pada perangkat-perangkat lain yang telah didukung dengan fitur WPS ini. Untuk produk MikroTik, fitur WPS telah didukung pada RB-mAP dan RB-cAP.