Tag

, , ,


Melakukan backup konfigurasi pada Router adalah salah satu langkah terbaik agar admin tidak perlu melakukan config ulang pada saat router ter-reset. Akan lebih baik jika file backup tidak disimpan pada storage/disk internal agar tidak ikut hilang saat Router rusak.Misalnya disimpan pada komputer atau PC.

Pada artikel ini akan diberikan contoh melakukan backup config router serta mengirimkannya melalui email secara berkala dan otomatis. Secara teknis kebutuhan tersebut dapat di penuhi dengan menggunakan kombinasi beberapa perintah.

Backup Config

Perintah untuk melakukan backup config dapat dilakukan melalui CLI (command line interface), berikut contoh perintah nya 

[admin@Router1] > /system backup save name=Router1

Perintah tersebut digunakan untuk menyimpan konfigurasi router dengan nama Router1.backup

Tool Email

Untuk bisa melakukan pengiriman email dari Router, lakukan setting SMTP Server serta username dan password email pada menu /tool email

Contoh tersebut menggunakan smtp dari google dan harus melakukan pengaturan pada sisi security akun google agar bisa digunakan. Akan lebih baik jika menggunakan smtp server milik sendiri.

Script

Tool Script digunakan untuk menentukan perintah/command yang akan dieksekusi.

Tambahkan script baru dengan perintah untuk melakukan backup router, sekaligus mengirim file backup ke sebuah alaman email.

Sesuaikan parameter “send-to” dengan email tujuan anda. Untuk melakukan pengecekan apakah script sudah benar, jalankan script secara manual dengan menekan tombol “Run Script”.

Scheduler

Scheduler digunakan untuk mengeksekusi perintah tersebut berdasarkan waktu dan interval tertentu.

Kita bisa menentukan script yang sebelumnya dibuat kapan akan dieksekusi.

Pada contoh tersebut, script akan dieksekusi setiap 14 hari sekali pada jam 17.00.

Hasil
Terakhir cek pada email tujuan yang telah ditentukan pada script sebelumnya

Jika anda memutuskan untuk menggunakan scheduler, pastikan NTP Client anda aktif dan setting waktu Router sudah tepat.