Tag

,


WOL (Wake On LAN) merupakan sebuah tool yang bisa dibilang cukup lama pada RouterOS. Tool ini memang tidak tertampil langsung pada menu RouterOS, kita bisa mengaksesnya melalui terminal. WOL sudah dikenalkan sejak RouterOS v3.23. Lalu apa fungsi dari tool ini?
Dengan menggunakan WOL ini kita dapat menghidupkan perangkat seperti Komputer melalui jaringan. Sekilas tentang mekanisme kerja dari tool ini yaitu ketika mikrotik mengirimkan Wake on LAN MAgicPAcket ke MAC Address dari perangkat yang telah kita tentukan maka secara otomatis perangkat tersebut akan hidup (Power ON). Namun, kita pastikan terlebih dahulu perangkat tersebut sudah support dengan WOL dan bukan pada kondisi mati (Power OFF) tapi dalam kondisi “sleep/suspend”.

Biasanya tool ini sering digunakan pada perangkat-perangkat komputer server yang mana motherboard dan juga NIC nya sudah mendukung WOL.Konfigurasi WOL pada Mikrotik

Langkah konfigurasi pada mikrotik cukup mudah, kita masuk di ‘New Terminal’ kemudian kita ketik command line seperti berikut :

/tool wol interface=etherX mac=XX-XX-XX-XX-XX-XX

Sebagai contoh kasus, kita akan menghidupkan sebuah komputer (support WOL) yang dalam kondisi sleep/suspend. Diketahui bahwa komputer tersebut terhubung di jaringan lokal pada ether3 dari RB941-2n-TC dan mac addressnya adalah C4-46-19-08-67-31.

Pertama kita akan konfigurasi terlebih dahulu komputer tersebut untuk mengaktifkan Wake on LAN. Disini kita memakai komputer dengan sistem operasi Windows 7. Untuk konfigurasinya kita masuk pada menu “Device Manager”, pilih pada Network Adapter dan pada Lan Card komputer, klik kanan -> pilih Properties.

Pada Tab Power Management, Centang opsi “Allow this device to wake the computer” dan juga “Only allow a magic packet to wake the computer

Selanjutnya, untuk menghidupkan komputer pada saat sleep/suspend, kita tinggal ketik pada terminal sebuah command lain seperti berikut “/tool wol interface=ether3 mac=C4-46-19-08-67-31″ dan tekan Enter.

Nah, secara otomatis komputer akan “bangun” dari kondisi sleep/suspend tadi. Kita juga bisa mengombinasikan dengan tool-tool mikrotik yang lain. Misal, jika ingin melakukan WOL secara terjadwal kita bisa menggunakan Scheduler dengan menambahkan script diatas.