Tag

,


Pada bulan lalu kita telah membahas mengenai kinerja protokol wireless yang di Mikrotik yaitu Nstreme dan Nv2 dengan melakukan uji lab PTP (Point To Point). Kali ini kita akan mencoba mengujinya dengan menggunakan PTMP (Point To Multi Point). Kita akan menguji apakah kemampuan dari protokol ini sama ketika topologi atau konsep jaringan berbeda?

Dengan konsep PTMP kita menggunakan AP (Access Point) dan 2 buah Client (Station).

Dan kita akan melakukan test Bandwith dengan Tx-Speed sebesar 150Mbps.

Kemudian untuk konfigurasi pada perangkat baik AP (Access Point) maupun Station sama seperti artikel sebelumnya.

Setelah kita melakukan percobaan untuk hasilnya antara protokol standart yaitu 802.11 dan juga Nstreme dengan mode PTMP tidak begitu significant. Nilai yang kita ambil adalah nilai Tx-Rate dari perangkat AP (Access Point) yang merupakan akumulasi dari besar nilai Tx-Rate dari 2 buah perangkat Station (Client). Besar bandwith yang bisa dilewatkan pun tak begitu terpaut jauh. Apabila dibandingkan dengan topologi PTP, besar Tx-Rate tiap station juga tidak berbeda jauh.

Namun, dengan menggunakan protokol Nv2 (Nstreme versi 2) dengan melakukan konfigurasi pada paremeter TDMA Period size, hasilnya cukup bagus.

Besar Tx-Rate yang dapat dilewatkan lebih bagus dibanding dengan menggunakan protokol standart 802.11 maupun Nstreme biasa.
 802.11
 Nstreme
 Nv2
 TX – Rate  (AP)
 67Mbps
 74Mbps
 98Mbps