nokiasurgeJakarta – Nokia disebut-sebut cukup tergiur dengan larisnya komputer mini jenis Netbook. Bahkan, produsen ponsel asal Finlandia itu sedang menimbang-nimbang peluangnya di pasar Netbook.

Minat Nokia pada Netbook disampaikan oleh Presiden dan Chief Executive Nokia, Olli-Pekka Kallasvuo saat sedang mengunjungi India. “Kami memperhatikan pasar Netbook untuk melihat apa peluang yang bisa didapatkan darinya,” ujar Kallasvuo seperti dikutip detikINET dari India Times, Senin (24/8/2009).

Menurut Kallasvuo, pasar produk komputer dan ponsel semakin lama semakin melebur. Nokia pun mengaku melihat banyak peluang akan muncul dari peleburan dua wilayah ini.

Sejauh ini pemain Netbook masih didominasi oleh produsen PC. Nama-nama besar seperti Hewlett-Packard, Lenovo, Toshiba, Asus hingga Acer telah berlomba-lomba di area komputer jinjing ukuran kecil ini.

Namun di sisi lain, penyedia layanan telekomunikasi sudah mulai bermunculan dengan bundel Netbook dan layanan internet broadband nirkabel mereka. Netbook dengan kemampuan 3G di dalamnya juga sudah menjadi hal lazim di pasaran.