lifecamJakarta – Microsoft melakukan terobosan baru dengan menghadirkan sebuah produk webcam yang mampu menampilkan kualitas video hingga resolusi 720p secara wide-screen. Nantinya pengguna bisa menikmati layanan ini pada Windows 7 dan Windows Live Movie Maker, yang didesign hingga resolusi HD 1080p.

” Kami telah mulai bekerja dengan LifeCam Cinema sekitar setahun yang lalu  Seiring dengan trend penggunaan widescreen pada monitor, dimana saat ini situs jejaring sosial pun telah menggunakan fitur wide-creen, pada live chatnya,” ujar Stuart Milton, systems engineer untuk Microsoft Hardware, seperti dikutip detikINET dari Softpedia, Minggu (23/8/2009).

Milton menambahkan bahwa nantinya LifeCam Cinema akan menjadi era baru dalam penggunaan webcam. Pasalnya pengguna dapat mengupload foto-foto kualitas HD secara wide-screen, kemudian saling berbagai foto tersebut di Internet.

LifeCam pun kabarnya juga dapat digunakan untuk melakukan sharing video via YouTube ataupun Facebook. Disebutkan pula bahwa produk baru Microsoft ini juga didesign untuk kondisi minim cahaya, dengan frame-rate mencapai 30fps.

Selain itu, Microsoft juga memperkenalkan  LifeChat LX-1000 headset, yang mampu menampilkan audio kualitas tinggi, serta memiliki microphone yang mampu mereduksi noise. LifeCam Cinema akan menyambangi pasar September mendatang, dengan kisaran harga US $ 79,95. Sementara LifeChat LX-1000 berharga sekitar  US $ 24,95.