windows-mobileJakarta – Senjata baru Microsoft di ranah sistem operasi perangkat genggam, Windows Mobile 6.5 akan hadir beriringan dengan Windows 7, yakni pada Oktober 2009.

Lukman Susetio, Manager Windows Client Business Groups Microsoft Indonesia mengatakan, sudah ada sekitar 10 model dari 4 merek ponsel yang siap mengusung OS ini untuk pertama kalinya ke pasaran.

“Beberapa di antaranya yang sudah memberikan konfirmasi adalah HTC, Asus, dan dua merek lagi belum bisa saya konfirmasi,” ujarnya kepada wartawan di sela media gathering Microsoft di Hotel Ritz Carlton Jakarta, Rabu (19/8/2009).

Untuk pasar Indonesia sendiri, Lukman memastikan bahwa kehadiran OS yang juga disebut sebagai Windows Phone ini akan datang pada Oktober 2009.

“Memang untuk awal diluncurkan di US (Amerika Serikat-red.), tapi nanti juga masuk ke negara-negara lain termasuk Indonesia,” imbuhnya.

Sebagai produk baru, Windows Mobile 6.5 tentu hadir dengan sejumlah kemampuan ekstra. Beberapa yang paling dijagokan adalah memiliki user interface yang lebih mudah serta lebih menghemat baterai.

Besarnya penghematan memang tergantung dari handset yang digunakan. “Namun berdasarkan riset kami rata-rata penghematannya sebesar 20 persen,” lanjut Lukman.

“Kemampuan lain adalah lebih kompatibel dengan produk Microsoft lainnya serta browsing menjadi lebih enak dengan kehadiran IE 7 untuk mobile,” pungkasnya.