MOUNTAIN VIEW,- Google akan meningkatkan kemampuan mesinnya menggunakan kafein. Bukan kafein dalam arti sebenarnya lho. Caffeine adalah kode rahasia untuk proyek pengembangan teknologi pencarian baru tersebut.

“Selama beberapa bulan terakhir, tim besar di Google telah bekerja dalam sebuah proyek rahasia: suatu arsitektur generasi baru mesin pencarian Google,” tulis Sitaram Iyer, staff Software Engineer dan Matt Cutts, Principal Engineer Google dalam blog resmi Google.

Target utama pengembangan Caffeine adalah menciptakan cara pencarian yang menghasilkan hasil lebih cepat, akurat, dan seusia konteksnya. Pencarian yang relevan terhadap waktu seperti yang dilakukan Twitter dan Bing mungkin salah satu yang akan juga digarap.

Infrastruktur untuk teknologi tersebut dibuat satu atap dengan mesin pencarian yang dipakai sekarang. Karena itu, sebagian besar pengguna tidak terlalu merasakan perubahan hasil pencarian. Namun, pengembangn web dan pengguna internet yang selama ini sangat mengandalkan hasil pencarian dalam bisnisnya akan merasakan perubahan.

Karena itu, Google membuka kesempatan semua pengguna internet khususnya para pengembang software untuk memberikan masukan terhadap proyek tersebut. Meski baru tahap awal, hasil pencarian dengan teknologi ini sudah bisa dijajal dalam situs http://www2.sandbox.google.com.

Saat menjajal, jangan lupa klik pilihan “Dissastified?Help us improve” di bagian bawah dan jangan lupa masukkan kata “caffeine” dalam komentar Anda untuk membedakan masukan terhadap mesin pencarian yang biasa.