student_laptop(Ist)150Jakarta – Laptop seperti apa sih yang jadi favorit para pelajar? Tentunya bukan Mac, karena para pelajar pastinya  suka yang murah-murah. Jadi untuk Apple, minggir dulu.

Retrevo, situs elektronik konsumen, lewat survei yang mereka lakukan, menyimpulkan bahwa kalangan pelajar tidak berminat untuk membeli laptop dengan harga yang mahal, seperti Mac. Sebagian besar pelajar akan memilih untuk membeli laptop dengan kisaran harga tertentu yang pastinya ramah di kantong.

Berikut lebih rincinya seperti yang dikutip detikINET dari PCWorld, Jumat (21/8/2009). Dari sekitar 300 pengunjung situsnya yang disurvei, ditemukan bahwa 49% dari mereka akan membeli laptop Windows full-sized dan 34% akan memilih membeli netbook keluaran beberapa vendor. Sedang Mac hanya mendapat sisa presentase sebanyak 17% saja.

Masih menurut data dari Retrevo, sebesar 18% dari partisipan mengakui mereka tak akan menghabiskan kocek di atas U$S 1000 (sekitar Rp10 juta) untuk sebuah laptop. 58% dari mereka memilih untuk belanja laptop dengan harga di bawah U$S750.

Wah, Apple sepertinya masih belum bisa menembus pasar pelajar, mengingat tahun-tahun sebelumnya ia juga melempem jika berhadapan dengan pelajar. Padahal, perusahaan Steve Jobs sudah berusaha menggaet pasar ini dengan promosi spesial beli MacBook dapat iPod touch gratis.

Namun, jika merujuk pada hasil studi Retrovo di atas, sepertinya Apple belum mencapai hasil yang diharapkan.