komp_anak150(inet_Bandung – PT Telkom Tbk membidik 22 ribu sekolah dasar, menengah, dan tingkat atas di wilayah Jawa Barat dan Banten untuk menjadi pengguna sistem informasi aplikasi pendidikan (SIAP) Online.

Dikatakan Aziz Sidqi, GM Unit Enterprises Divre III Jabar-Banten, setiap sekolah yang berlangganan aplikasi tersebut bisa melihat arsip elektronik silabus kurikulum setiap saat, sekaligus bisa mengajukan usulan pembuatan kurikulum lokal kepada instansi terkait.

“Murid bisa memantau jadwal dan penilaian serta berkomunikasi dengan guru melalui email. Di sisi lain, orang tua siswa juga bisa memantau nilai rapor, hingga absensi secara online,” katanya, usai penandatangan MoU antara PT Telkom dengan 22 Kepala Dinas Pendidikan se-Jabar di Hotel Golden Flower Bandung.

SIAP Online adalah kreasi Divisi Enterprise PT Telkom. Dengan memiliki tarif berlangganan bulanan Rp 375.000 per sekolah. Aplikasi ini diklaim lebih efisien
karena pengguna tidak perlu lagi menyiapkan server tambahan, upgrade teknologi peranti lunak, biaya pemeliharaan, atau mensinkronkan dengan sistem eksisting.

Ditambah dengan kemampuan akses 24 jam selama tujuh hari seminggu, aplikasi ini memungkinkan pula diberikan opsi fungsi tambahan seperti SIAP Hosting, Blog,
Dokumen, Bicara, Pesan, Google Apps, dan lain sebagainya.

“Dalam tahap awal sosialisasi, semua sekolah diberi kesempatan gratis berlangganan selama tiga bulan. Jaringan internet kami sudah menjangkau wilayah
dari semua sekolah di Jabar dan sebagian kecil di Banten. Jadi, selain bermanfaat, layanan ini sudah siap digunakan,” kata Aziz.

Diyakini, potensi daya serap penggunaan internet di wilayah Jabar-Banten masih sangat terbuka. Sebab dari puluhan ribu sekolah tadi, yang sudah berlangganan layanan Internet baru 2.525 sekolah atau sekitar 13 persen.

“Potensi bisnisnya masih sangat luas. Dengan meluncurkan aplikasi pendidikan semacam ini, kami harap sekolah tertarik berlangganan dahulu layanan internet,
selanjutnya SIAP Online. Peluang mempeluas layanan lebih besar,” pungkasnya.