win7rtm285Jakarta – Windows 7 akan segera menyambangi pengguna komputer di seluruh dunia. Di negara tertentu, Windows 7 kabarnya akan dijual dengan harga yang jauh lebih murah daripada di negara asalnya.

Di Amerika Serikat (AS), Windows 7 versi Home Premium akan dijual pada kisaran harga USD 120 (upgrade) hingga USD 200 (full version). Sistem operasi terbaru dari Microsoft itu direncanakan untuk hadir pada Oktober 2009.

Seperti dikutip detikINET dari Cnet, ternyata harga yang berlaku di AS itu tak melulu berlaku di negara lain. Tepatnya, harga yang jauh lebih murah tersedia untuk Windows 7 di Inggris.

Diungkapkan oleh Cnet, harga murah itu tersedia untuk pembelian online di situs tertentu, termasuk Amazon.co.uk. Windows 7 Home Premium versi utuh (bukan upgrade) dikatakan akan dijual dengan kisaran 65 poundsterling atau sekitar USD 107, hampir separuh harga aslinya di AS.

Diduga kisaran harga yang jauh lebih murah ini seharusnya adalah untuk Windows 7 E (yang beredar tanpa Internet Explorer 8). Namun, karena versi E itu batal diluncurkan, Windows 7 versi biasa tetap dijual dengan harga yang sama.

Microsoft belum memberikan komentarnya untuk skema harga yang ganjil ini.