mikrochipJakarta – DNA tak hanya bisa digunakan untuk mengetahui asal usul seseorang, namun ternyata juga bermanfaat untuk membuat mikrochip yang biasa disematkan di dalam komputer, ponsel dan alat elektronik lainnya.

Hal inilah yang sedang dikerjakan International Business Machines (IBM) dengan memanfaatkan salah unsur yang terdapat di setiap tubuh manusia itu untuk menjadi struktur dalam membangun mikrochip generasi terbaru mereka.

Memang, industri manufaktur chip dituntut untuk membuat produk yang murah, inovatif, dan hemat biaya demi memenangkan persaingan di pasaran. Jadi tak heran, segala daya upaya sampai yang tak terpikirkan sekalipun harus dilakukan oleh sang produsen.

Dalam jurnal Nature Nanotechnology disebutkan, artifisial nanostruktur DNA atau yang biasa disebut ‘DNA origami’ dapat menyediakan framework yang murah yang bisa digunakan untuk membuat mikrochip yang mini.

Jadi bisa dibayangkan betapa kecilnya benda itu nantinya. Sebab, mikropchip saja sudah memiliki bentuk yang mini. Nah, dengan unsur DNA ini, diharapkan dapat membuat mikrochip yang lebih kecil lagi.

“Ini merupakan demonstrasi pertama yang menggunakan molekul biologis untuk membantu dalam proses industri semikonduktor,” ujar manajer penelitian IBM, Spike Narayan kepada Reuters, dikutip detikINET, Selasa (18/8/2009).

Namun, proses akhir dari penelitian ini sepertinya tak bisa dinikmati dalam waktu yang singkat. Bahkan diprediksi, penelitian dari proyek ini membutuhkan waktu paling lambat hingga 10 tahun untuk bisa sempurna.