topanmorakotJakarta – Topan Morakot yang menghantam Taiwan dikhawatirkan mengancam akses internet di kawasan Asia Tenggara. Akses internet di Singapura misalnya, menjadi lelet terutama untuk situs-situs yang hostingnya di Amerika Serikat dan Taiwan.

Dilansir The Straits Times dan dikutip detikINET, Kamis (13/8/2009), topan tersebut merusakkan dua kabel bawah laut Asia Pasifik yang biasa digunakan untuk menghubungkan lalu lintas data.

Dampaknya, pengguna internet yang mencoba untuk mengakses server di Amerika Serikat atau mencoba untuk menggunakan pesan instant ke negara lain yang terhubung dengan kabel bermasalah itu mengalami kesulitan sambungan.

Juru bicara SingTel mengatakan, perbaikan kabel bawah laut tersebut kini sedang dikerjakan. “Para teknisi kami sedang dalam proses memindahkan trafik internet ke kabel lain. Diharapkan, situasi akan kembali normal pada 24 jam ke depan,” jelasnya.

Kejadian ini tentu sangat dikhawatirkan para pengguna internet. Terlebih jika berkaca pada kejadian 2006 lalu, di mana gempa bumi juga memutuskan kabel bawah laut di Taiwan. Pada saat itu, pengguna internet Indonesia juga ketiban pulung dengan tak bisa mengunjungi situs-situs luar negeri.

Akankah situasi serupa terulang?