laptopdicafeJakartaNongkrong di kafe sambil meneguk kopi dan mengakses internet tentu menyenangkan. Namun, di New York, sejumlah kafe mulai melarang pengunjung menggunakan laptop di dalam kafe. Lhoh kenapa?

Tentu bukan tanpa alasan pengelola kafe ‘sentimen’ dengan pengunjungnya yang menggunakan laptop di dalam kafe. Pasalnya, seringkali para pengunjung hanya membeli minuman dengan harga paling murah, kemudian betah berjam-jam duduk di kursi empuk sambil mengakses internet secara cuma-cuma, dan numpang mengisi ulang baterai laptop.

Alhasil pengelola kafe merasa dirugikan, karena dari luar, kafe mereka terlihat penuh sehingga orang yang mungkin ingin membeli mengurungkan niatnya. Padahal sesungguhnya orang-orang yang duduk di dalam kafe hanya numpang berinternet ria tanpa melakukan pembelian dalam jumlah banyak.

Oleh karena itu seperti dikutip detikINET dari Fiercebroadbandwireless, Selasa (11/8/2009), sejumlah kafe kopi, khususnya yang terbilang kecil, membatasi akses WiFi di kafe. Bahkan ada juga yang melarang pengunjung menggunakan laptop, mematikan router wireless, dan memasang tanda dilarang menggunakan laptop.

Ada juga kafe yang tidak melarang pengunjung mengakses internet, tapi memungut biaya untuk penggunaan akses WiFi di kafe.