laptopkeluargaJakarta – Sarapan ataupun minum kopi bukan lagi menjadi aktivitas pertama yang dilakukan seusai bangun tidur. Laptop, ponsel dan jaringan internet telah menggantikan kebiasaan itu.

Inilah perubahan yang dijumpai di banyak keluarga di Amerika, menurut studi dari New York Times yang dilansir detikINET dari Arstechnica, Kamis (13/8/2009).

Saat pagi dimulai, anak-anak akan berlarian menyerbu Facebook, sedang kedua orang tua mereka langsung mengecek email serta Twitter sesaat setelah mereka terbangun.

“Sesuatu yang aku pikir tak akan pernah aku alami beberapa tahun lalu, kini menjadi sesuatu yang biasa yang terjadi di rumahku,” ujar Dorsey Gude, salah seorang kepala tumah tangga di sana. Bahkan ia mengaku mengirim SMS untuk membangunkan anaknya di kala pagi, meski mereka tinggal seatap.

Kebiasaan ‘bercinta’ dengan gadget dan menomorduakan kegiatan sarapan ini, ditegaskan pula oleh sejumlah perusahaan yang menganalisa lalu lintas web. Mereka merilis data bahwa web traffic akan berjalan santai saat malam menjelang, namun akan langsung meroket saat pagi datang. Sementara itu, pesan-pesan pendek atau SMS, Verizon mengatakan pesan yang dikirimkan antara jam 7-10 pagi telah naik sebesar 50% dari tahun ke tahun.

Nah, jika Anda termasuk keluarga yang memiliki kebiasaan di atas, Anda bisa menjadi salah satu hyperconeccted. Artinya, bahwa semua anggota keluarga selalu mengecek gadget masing-masing sesaat setelah mereka bangun, dan bahkan memakainya untuk berkomunikasi dengan anggota keluarga lain sebelum bertatap muka.