depankom285Jakarta – Kabel bawah laut jaringan internet internasional di Taiwan kembali mengalami gangguan. Dikhawatirkan hal ini akan membuat koneksi internet di Asia Tenggara terganggu alias lambat.

Sambungan yang putus terjadi pada kabel bawah laut di Taiwan. Hal ini mengingatkan pada kejadian serupa di akhir 2006 yang sempat membuat koneksi internasional di Indonesia mati.

Seperti dikutip detikINET dari CommsDay, Kamis (13/8/2009), belum ada detil mengenai kabel mana saja yang terpengaruh. Namun diduga gangguan terjadi pada empat sambungan internasional utama APCN, APCN2, EAC dan SMW3.

Sambungan APCN2 yang dilaporkan terputus adalah yang menghubungkan China dengan Taiwan. Putusnya sambungan ini diyakini akan berpengaruh langsung pada koneksi di Asia Tenggara.

Gangguan lain, dilaporkan ComputerWorld, terjadi pada sambungan antara Hong Kong dan Taiwan serta sambungan antara Singapura dan Malaysia. Sambungan EAC pun dialporkan mengalami beberapa gangguan pada sambungan antara Taiwan dan Hong Kong.

Topan Morakot diduga jadi penyebab putusnya kabel-kabel bawah laut itu. Belum bisa dipastikan seperti apa dampak putusnya kabel laut ini pada koneksi internet internasional di Indonesia.