IE150Jakarta – Sepertinya ketegangan di antara Microsoft dan Komisi Eropa bakal mulai mengendur. Pasalnya Microsoft bersedia membebaskan Windows untuk berpasangan dengan browser internet apa saja.

Ini merupakan jawaban Microsoft atas tudingan yang dilemparkan Komisi Eropa,
bahwa Microsoft telah menghalang-halangi browser kompetitornya dan melanggar peraturan Uni Eropa dengan menyalahgunakan posisi dominannya, dengan membundling web browser besutannya, Internet Explorer, dalam sistem operasi Windows.

Oleh karena itu Komisi Uni Eropa mendesak Microsoft untuk menghentikan kecurangan tersebut dengan tidak membundling browsernya dalam sistem operasi Windows.

Akhirnya Microsoft melunak, dan akan memberikan penawaran kepada konsumen di Eropa untuk memilih browser yang mereka inginkan untuk PC Windows-nya, demikian dikutip detikINET dari Channelregister, Sabtu (25/7/2009).

Jika Komisi Eropa menyetujui hal ini, konsumen di Eropa yang membeli PC Windows dengan tawaran awal browser IE nantinya akan melihat ‘ballot screen’ yang memberikan pilihan berbagai browser. Kemudian konsumen bebas menginstal browser pilihannya, menyeting sebuah browser sebagai default dan ‘melumpuhkan’ browser IE.