broadband-internet-(ist)Jakarta – Akamai, sebuah perusahaan provider terbesar di dunia merilis laporan kuartal pertamanya di 2009. Laporan tersebut berisi traffic level serta sistem keamanan baik pada broadband ataupun persebaran jaringan internet di seluruh dunia.

Beberapa dari fakta tersebut menyebutkan bahwa Jepang memiliki level koneksi pertumbuhan kecepatan broadband tertinggi, melebihi Korea Selatan. Data kenaikan tersebut ditemukan dari 68 negara, yang datang dari China dan Amerika sebanyak 27,59 % dan 22,15 %. Disusul Korea Selatan dengan 7,53 %, Jerman dengan 2,95 % serta Brazil dengan 2,6 %.

Kini pertumbuhan kecepatan akses broadband dunia tengah meroket, dengan angka koneksi sebesar 5 Mbps. Angka tersebut termasuk tinggi, Pasalnya dari akhir kuartal empat 2008 hingga kuartal pertama 2009, jumlahnya pun naik 5 %. Secara keseluruhan, rata-rata koneksi kecepatan meningkat 11 % atau sebesar 1,7 Mbps di seluruh dunia. Sayang masih ada 120 negara yang memiliki kecepatan rata-rata kurang dari 1 Mbps.

Dikutip detikINET dari Softpedia, Jumat (10/9/2009) Jepang kini telah menyusul Korea Selatan, dan menjadi negara dengan pertumbuhan kecepatan broadband di atas 5 Mbps pada kuartal pertama.

Namun, bagaimanapun juga Korea Selatan tetap menjadi ‘juaranya’. Negara tersebut memiliki rata-rata koneksi kecepatan 11 Mbps, di atas Jepang sebagai ‘runner-up’ yang kecepatannya hanya 8 Mbps.

Posisi ketiga disusul Hongkong dengan 7,6 Mbps, dilanjutkan Swedia dengan 6,9 Mbps dan Romania dengan 5,8 Mbps. Sementara Amerika ‘Sang Negara Adikuasa’ justru berada di posisi 18, dengan 4,2 Mbps. Bagaimana dengan di Indonesia?