new-apple-macbook-proMaine – Salah satu negara bagian Amerika Serikat, Maine, ingin memanfaatkan kemajuan teknologi untuk memajukan pendidikan di wilayahnya. Oleh karena itu, puluhan ribu laptop MacBook siap digelontorkan untuk para siswa di sana.

Sebanyak 64.000 laptop keluaran Apple siap diboyong Departemen Pendidikan Maine dan akan ditambah 7.000 unit lagi dalam beberapa minggu ke depan. Laptop tersebut ditujukan bagi para pelajar yang berada di tingkat 7-12 di semua sekolah publik.

Bukan hanya untuk digunakan di sekolah, MacBook tersebut juga bebas dipakai pelajar di rumah mereka masing-masing. Namun bukan berarti laptop ini akan bisa mereka miliki seterusnya. Dilansir detikINET dari CNet, Selasa (1/7/2009), di penghujung tahun, laptop-laptop ini harus dikembalikan lagi ke pihak sekolah.

Langkah ini sebenarnya adalah pengembangan dari program sebelumnya yang mendulang kesuksesan. Di tahun 2002, Maine mewujudkan program serupa, namun ditujukan bagi mereka yang berada di duduk di tingkat middle school.

“Ini bukan hanya mengenai teknologi namun bagaimana memanfaatkan teknologi untuk mendukung pendidikan,” ujar Sue Gendron, Komisioner dari Maine Education.

Apple tak hanya sebatas menyediakan laptop sesuai pesanan. Sebagai bagian dari kerja sama, mereka berencana menyediakan software pendidikan, professional development, perbaikan dan penggantian, serta dukungan teknis.

Kapan Di indonesia bisa kayak gitu ya, h ehe he he he