onnowajan-dlmJakarta – Kursi panas Menkominfo tentu memiliki sejumlah pekerjaan berat yang menyertai. Lalu apa kira-kira pekerjaan rumah terberat Menkominfo menurut penilaian seorang Onno W. Purbo? Tentu saja, bagaimana menyediakan internet dan telepon yang murah meriah.

Onno tak mau berpikir rumit dalam mendeskripsikan tantangan pekerjaan dari seorang menkominfo. Ia pun ingin membuatnya sesederhana mungkin.

Yakni bagaimana menyediakan internet murah seperti paket layanan Rp 50 ribu per bulan, telepon murah atau kalau bisa gratis, serta menyediakan akses internet untuk desa dan semua sekolah biar bangsa ini pintar.

“Sudah tiga itulah yang sederhananya, ngomongnya gampang, tapi tantangannya itu banyak harus mengubah peraturan dan kebijakan. Belum lagi kita harus menyambungkan 240 juta jiwa, 60.000 desa, entah berapa kecamatan. Bisa pusing kepala,” kelakarnya.

Sementara terkait pos menteri — termasuk Menkominfo — yang selalu identik dengan jatah parpol, Onno berpendapat bahwa kalau presiden dan DPR berpihak kepada rakyat harusnya mereka memilih sesuai dengan keinginan dan kebutuhan rakyat.

“Jadi, bukan kebutuhan parpol. Cuma saya kan bukan presiden. Saya cuma rakyat biasa-biasa saja,” pungkasnya.