mnuh150Jakarta – Presiden baru RI belum juga ditetapkan–apalagi dilantik, namun isu dan harapan akan Menkominfo yang baru sudah mulai ramai dibicarakan publik dan media.

Jabatan Menkominfo saat ini, memang masih dipegang Mohammad Nuh. Namun isu yang beredar, pos itu akan lowong setelah Nuh digeser menjadi Menteri Agama atau Menteri Pendidikan.

Belakangan juga tersiar kabar-kabur, bahwa pos orang nomor satu di Departemen Komunikasi dan Informatika itu kembali diisi oleh orang dekat Susilo Bambang Yudhoyono.

Maka mencuatlah nama Andi Mallarangeng dan Tiffatul Sembiring. Keduanya turut jadi bagian tim sukses SBY untuk menuju singgasana RI-1.

Baik Andi maupun Tiffatul, mungkin lebih dikenal publik sebagai sosok dengan latar belakang yang kental dengan aroma politik.

Dengan latar pendidikan ilmu sosial politik, Andi kemudian jadi juru bicara SBY. Sementara Tiffatul, meski sempat mengenyam pendidikan komputer, namun lebih aktif di urusan politik lewat Partai Keadilan Sejahtera.

Selain kedua orang itu, muncul juga nama Roy Suryo. Sosok yang satu ini juga dekat dengan orang nomor satu di Partai Demokrat. Isu Roy mengincar jabatan strategis ini sudah lama terdengar, jauh sebelum pilpres berlangsung.

“Kami siap menyambut siapa pun yang akan jadi menteri kami,” kata Kepala Pusat Informasi Depkominfo, Gatot S Dewa Broto, kepada detikINET, Selasa (14/7/2009).

“Kami di Depkominfo percaya, presiden akan menempatkan orang yang tepat sesuai dengan kompetensinya,” tandas dia. Ya, orang yang tepat. The right man on the right place. Selain tiga kandidat yang tadi, muncul pula nama Ilham Habibie dan Onno
Widodo Purbo
.

Keduanya memiliki darah teknologi yang cukup kental. Ilham mewarisi penguasaan teknologi yang diturunkan ayahnya, BJ Habibie. Ilham sendiri mengaku siap jika dibebani tanggung jawab ini.

Sementara Onno, sudah diakui kompetensinya di kalangan pegiat TI akar rumput. Dukungan untuk dirinya terus mengalir lewat situs jejaring sosial Facebook.