bing-homepage_1412049cJakarta – Geliat mesin pencari Microsoft, Bing, mulai membuahkan hasil. Pengguna internet sudah cukup banyak yang berpaling padanya. Para pesaing pun mulai keteteran, terutama Yahoo yang sudah berhasil dikudeta.

Kudeta yang dimaksud adalah diambil alihnya posisi Yahoo di tempat kedua dalam persaingan mesin pencari internet. Menurut lembaga analis StatCounter, pada perhitungan minggu lalu, Bing mampu meraih 12,9% pangsa pasar di Amerika Serikat, sedangkan Yahoo hanya 10,15%.

Ini memang bukan kali pertama Bing mampu mengangkangi Yahoo. Berdasarkan data StatCounter, pertama kali Bing mendepak Yahoo terjadi pada awal Juni lalu ketika Bing pertama kali muncul ke permukaan.

Namun, jika masih ingin mengejar Google, Bing tampaknya masih perlu bersabar. Sebab, ditilik dari pangsa pasar keduanya, Google masih jauh meninggalkan Bing dengan pangsa pasar 74,99%. Tapi itu baru untuk perhitungan di AS, belum termasuk di negara lain.

Pun demikian, bukan berarti mimpi Bing untuk mengejar Google bukan sesuatu yang mustahil. Asa optimisme pun coba digaungkan para analis untuk memotivasi mesin pencari Microsoft itu.

Para analis memprediksi, para pengguna internet saat ini juga sudah banyak yang mencari dan menggunakan search engine alternatif untuk menggantikan mesin pencari incumbent yang sudah biasa mereka gunakan.

Hal itu pun didukung oleh data dari pangsa pasar Google bulan ini yang mengalami penyusutan ketimbang bulan lalu, dari 78,48% menjadi 74,99%. Demikian dilansir NewsFactor dan dikutip detikINET, Senin (13/7/2009).