onnoroxy285Jakarta – Sebuah kelompok di Facebook menggalang dukungan agar Onno W. Purbo, aktivis teknologi informasi Indonesia, menjadi Menteri Komunikasi dan Informatika dalam kabinet pemerintahan berikutnya. Akankah didengar?

Dukungan itu agaknya merupakan bentuk aspirasi masyarakat, terutama penggiat TI, yang menganggap sosok Onno layak memimpin perkembangan dunia TI di Indonesia. Informasi soal dukungan ini diterima detikINET, Selasa (14/7/2009), melalui email pembaca.

Pengamatan yang dilakukan detikINET pada Selasa (14/7/2009), pukul 10:30 WIB, Fans Club ‘Onno W. Purbo for Menkominfo’ telah memiliki 368 anggota. Pada bagian Discussion Board halaman itu ditampilkan pula ‘Surat Terbuka Onno Purbo’ mengenai sistem operasi Microsoft.

Onno memang bukan sosok sembarangan di kancah TI Indonesia. Bahkan, prestasi lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) ini boleh dibilang sudah mendunia. Dalam berbagai forum dunia Onno kerap diundang menjadi pembicara, terutama soal gerakan TI berbasis kerakyatan.

Saat ini, isu liar yang bergulir menempatkan dua nama sebagai calon Menkominfo dalam kabinet di pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono – Boediono. Keduanya adalah Tiffatul Sembiring dan Andi Malarangeng. Tapi perlu diingat hal itu baru isu dan belum pasti keduanya akan terpilih.